Iklan Tengah Artikel 1

Globalisasi Yang Terjadi Di Bidang Ekonomi

Globalisasi Yang Terjadi Di Bidang Ekonomi 

Globalisasi Ekonomi

Pengertian globalisasi ekonomi yang disampaikan oleh Fakih (2002) dalam Agus salim (2017) adalah suatu proses pengintegrasian ekonomi nasional ke dalam sistem ekonomi global. 

Salah satu bentuk globalisasi ekonomi adalah ditandai dengan meningkatnya keterbukaan perekonomian suatu negara terhadap perdagangan internasional. Sementara, kegiatan perdagangan internasional ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara, karena semua negara bersaing di pasar internasional.

Secara umum, pengertian globalisasi di bidang ekonomi adalah proses integrasi ekonomi individu dan negara ke dalam ruang lingkup dunia. Salah satu contoh globalisasi di bidang ekonomi adalah terjadinya praktik ekspor dan impor. Ekspor-impor dapat meningkatkan devisa suatu negara dan memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Globalisasi yang terjadi di bidang ekonomi ini sangat berpengaruh terhadap perdagangan antar beberapa negara yang sifatnya bebas. Karena memang pada dasarnya globalisasi ini bertujuan untuk menghilangkan hambatan-hambatan yang menjadi permasalahan. Di mana hambatan yang menjadi masalah ini terjadi pada perdagangan internasional.

Hambatan-hambatan tersebut biasanya terjadi karena tarif ekspor atau impor yang terlalu tinggi sehingga membuat harga barang tidak kompetitif. Bisa juga hambatannya berupa politik dagang yang diberlakukan suatu negara untuk melindungi produksi dalam negeri. Secara teori, hambatan-hambatan ini ditolak oleh perdagangan bebas. 


Contoh Globalisasi Perdagangan Bebas 


Contoh globalisasi di bidang ekonomi  ini juga memiliki ciri khas sehingga mudah untuk dikenali. Seperti adanya perkembangan teknologi dan terjadi ketergantungan pasar sehingga ada interaksi antar budaya.

Dr. Tanri Abeng, S.E., M.B.A adalah seorang mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan. Beliau juga dikenal sebagai pengusaha sekaligus mantan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Menurut beliau, bentuk nyata dari globalisasi ekonomi terjadi dalam contoh sebagai berikut:

Contoh Globalisasi Ekonomi 

1. Pembiayaan

Perdagangan global

Bentuk dari pembiayaan untuk globalisasi dalam bidang ekonomi ini lebih mengacu pada saat melakukan pinjaman atau investasi. Di mana pinjaman atau investasi ini bisa terjadi di seluruh negara yang ada di dunia ini.

Perusahaan yang dapat dijadikan sebagai contoh globalisasi di bidang ekonomi adalah PT Telkom. Di mana PT Telkom ini ingin memperluas satuan sambungan telepon di berbagai negara sehingga membutuhkan investasi dari negara lain.

2. Produksi 

Globalisasi bebas

Bentuk yang pertama adalah produksi yang pada umumnya ingin lebih menekankan ke arah biaya. Di mana, dalam hal ini sebuah perusahaan akan melakukan produksi di beberapa negara untuk menekan biaya produksi.

Langkah ini dilakukan karena melihat dari faktor upah buruh dalam suatu negara yang sudah dianggap cukup reda atau murah. Sehingga tarif bea masuk ke negara tersebut juga tergolong murah. Bukan hanya itu, hal ini bisa juga dipengaruhi oleh infrastruktur yang sudah disediakan di dalam suatu negara.

Karena infrastruktur tersebut yang disediakan memang lebih memadai sampai iklim usaha. Di mana iklim usaha yang dimiliki dalam suatu negara ini dianggap sudah kondusif.

3. Jaringan Informasi 

Globalisasi ekonomi

Kemajuan teknologi yang terjadi pada zaman sekarang ini adalah contoh globalisasi di bidang ekonomi dalam bentuk jaringan informasi. Dengan adanya kemajuan teknologi ini menyebabkan semua informasi dapat diterima secara cepat dan juga lebih akurat.

Informasi yang didapatkan ini bisa melalui radio, televisi, maupun internet. Di mana internet ini adalah sumber informasi yang sangat cepat. Selain cepat, internet juga sangat mudah pada saat diakses oleh seluruh masyarakat yang ada di dunia.

Inilah yang menyebabkan merek terkenal seperti Channel, Gucci, maupun restoran cepat saji internasional banyak dikenal di seluruh penjuru dunia. Sehingga, berdampak pada selera masyarakat di negara lain, baik yang berada di kota maupun desa yang sudah menuju kepada selera global.

4. Tenaga Kerja

Globalisasi ekonomi

Bentuk tenaga kerja dapat dijadikan contoh nyata dengan adanya para tenaga kerja asing yang masuk ke dalam sebuah negara.

Para tenaga kerja ini bekerja di negara lain dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Karena pendapatan yang di dapatkan di negaranya masih tergolong rendah. 

Namun tidak lupa melihat dari segi tingkatan atau kemampuan dari tenaga kerja itu sendiri. 

Contoh nyata dari tenaga kerja asing di Indonesia ini adalah seorang buruh kasar dan staf profesional yang memiliki banyak pengalaman kerja. Pengalaman ini di dapatkan dari negara asalnya.

5. Perdagangan

Globalisasi ekonomi

Bentuk globalisasi ekonomi pada bidang perdagangan ini dapat ditandai dengan adanya penyeragaman dan penurunan tarif ekspor dan impor dalam suatu negara. Oleh karena itu, hambatan yang menjadi kendala sudah bisa dihapuskan atau tidak memiliki tarif dalam suatu negara.

Tujuannya adalah agar negara lain juga menghapus tarif yang diterapkan di negaranya pada saat proses ekspor impor. Akibat dari perdagangan dunia tersebut juga pengawasan menjadi semakin ketat, cepat, dan juga adil.

Terwujudnya  perdagangan  bebas  cenderung   mendorong  masing-masing  negara untuk  berspesialisasi  secara  penuh  dalam  produksi  barang  yang  mempunyai  keunggulan komparatif.  Kesiapan   suatu   negara   dalam   globalisasi   tergantung bagaimana   cara   negara   tersebut   mendorong   produk   yang   dihasilkannya   mempunyai keunggulan   komparatif. Dengan   keunggulan   komparatif   akan   dihasilkan   produk   yang berdaya saing di pasar global.


0 Response to "Globalisasi Yang Terjadi Di Bidang Ekonomi "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel