Iklan Tengah Artikel 1

6 Jenis Bisnis Waralaba, Mengenal Apa itu Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba
Bisnis waralaba

Bisnis waralaba memang terkesan menjanjikan  sukses adalah tujuan bisnis namun segala resiko dan hambatan juga harus diperhitungkan, bisnis waralaba memang tergolong bisnis yang mudah dengan resiko bangkrut yang kecil. Karena itu Tidak sedikit orang memiliki keinginan untuk merintis bisnis, namun masih ragu karena berbagai takut tidak cocok hingga modalnya terlalu besar. Jika begitu, mungkin kamu bisa mencoba bisnis waralaba atau franchise yang sedang populer di Indonesia.

Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan karena kamu tidak perlu lagi merintis sebuah bisnis dari awal lagi.

Bermodalkan nama besar dari bisnis yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, hal yang harus disiapkan hanyalah modal dan beberapa hal penting lainnya.

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis ini, kenali dahulu dan lihat tipsnya!

5. Tips Menjalankan Bisnis Waralaba

Baca juga : Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan

1. Gunakan merek dagang franchise dalam negeri.

Ada banyak peluang bisnis dari dalam negeri dengan ragam merek dagang franchise yang bisa Anda pilih saat memulai bisnis ini. Tentunya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat bisnis dengan menggunakan merek dagang dalam negeri.

Bila dibandingkan dengan merek dagang luar negeri, Anda perlu mengeluarkan biaya yang besar. Belum lagi ada tantangan produk luar negeri yang belum memiliki nama dan popularitas di Indonesia yang harus diatasi.

Selain itu, ada banyak merek dagang dalam negeri yang memiliki popularitas tersendiri daripada merek luar negeri yang belum tentu banyak disukai orang-orang Indonesia. Hal ini perlu Anda pertimbangkan agar Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dan meraup banyak keuntungan nantinya.

2. Gunakan bisnis franchise yang populer di pasaran.

Seperti yang disebutkan di atas, penentuan merek dagang adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Anda harus melakukan penelitian kecil-kecilan untuk mencari sebuah merek dagang yang memiliki banyak pelanggan. 

Peran sebuah usaha franchise hanyalah berfokus pada penjualan sementara pemilihan target pasar yang tepat dengan produk yang dibuat adalah tugas dari pusat penjual franchise. Meskipun begitu, Anda harus pintar-pintar melihat peluang di sekitar tempat Anda menjual agar mendapatkan pelanggan yang sesuai.

3. Cek apakah merek dagang franchise sudah resmi terdaftar.

Anda juga harus mengecek apakah merek dagang yang Anda pilih sudah terdaftar atau belum. Hal ini untuk mengecek kredibilitas dari perusahaan tersebut agar bila terjadi apa-apa di depan Anda bisa mengkomunikasikannya dengan pemilik merek dagang tersebut.

4. Ada situs atau akun media sosial resmi.

Adanya situs atau akun media sosial resmi dari sebuah merek dagang franchise menunjukkan kredibilitas dan profesionalitas dari sebuah bisnis. Banyak calon pelanggan yang mencari-cari informasi resmi dari produk yang dijual pada situs atau akun media sosial resmi yang tersedia.

Oleh karena itu, memiliki situs atau akun media sosial resmi sangat penting. Tidak hanya itu, hal tersebut juga bisa meningkatkan brand awareness yang dipromosikan karena pelanggan bisa memberikan feedback pada produk yang dijual.

5. Hindari merek dagang franchise yang tidak jelas dan terlalu terkenal.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemilihan merek dagang yang tidak jelas harus dihindari. Meskipun demikian, pemilihan merek dagang yang terlalu terkenal juga tidaklah bagus. 

Hal tersebut karena biasanya merek dagang yang terlalu terkenal atau mapan memiliki jumlah outlet yang banyak sehingga Anda perlu bersaing dengan outlet lain dalam merek dagang yang sama.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan biaya yang dikeluarkan jika menggunakan merek dagang yang terlalu terkenal karena biasanya mereka mematok biaya yang lumayan tinggi.

6 Jenis Bisnis Waralaba Yang Menjanjikan

1. Farmasi & Alat-Alat Kesehatan

Bisnis waralaba

Di tengah pandemi, kebutuhan akan obat-obatan, vitamin, dan peralatan medis terutama masker dan APD semakin meningkat. Apotek juga merupakan toko yang boleh tetap buka selama masa pembatasan sosial sehingga pengusaha farmasi tidak perlu khawatir akan penurunan omset. Kebutuhan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus corona juga berimbas positif terhadap apotek dan industri farmasi.

2. Rempah-Rempah & Ramuan Herbal

Bisnis waralaba


Semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi membuat meningkatnya omset bisnis rempah-rempah dan ramuan herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya tanaman herbal yang mengalami kenaikan permintaan, herbal yang sudah diolah dalam bentuk bubuk maupun minuman jamu juga diserbu masyarakat. Produk herbal yang sudah dikemas ini pun bisa dijual melalui toko online sehingga pembeli tidak perlu keluar rumah untuk membelinya.

3. Swalayan & Bahan Makanan Pokok

Bisnis waralaba

Kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, garam, lauk-pauk, sayur mayur, dll masih tetap dibutuhkan bagaimana pun keadaan ekonomi. Karena toko yang menjual kebutuhan pokok masih diperbolehkan buka, omset pedagang kebutuhan pokok cenderung tidak terganggu. Namun alangkah lebih baiknya jika toko sembako juga melayani pembelian secara online untuk mendukung gerakan tetap di rumah.

4. Makanan Instan, Frozen Food & Snack Yang Tahan Lama

Bisnis waralaba

Penyajian yang praktis dan tahan lama menjadi pertimbangan masyarakat untuk membeli makanan instan maupun beku ketika peraturan untuk tetap di rumah diperketat. Makanan ringan kemasan dan tahan lama juga menjadi pilihan konsumsi yang bisa menunda lapar atau menjadi teman ketika kerja di rumah. Kondisi saat ini adalah peluang bagi para reseller makanan ringan untuk menjual produknya secara online.

5. Jasa Kebersihan (Home & General Cleaning)

Bisnis waralaba

Banyaknya perusahaan yang mempekerjakan karyawannya dari rumah menjadikan momen ini momen yang pas untuk membersihkan sekaligus mensterilkan kantor. Tak hanya kantor, tempat umum & fasilitas umum, rumah ibadah, penginapan, maupun rumah pribadi jadi lebih sering bersih-bersih di kala pandemi Covid-19

6. Pom Mini modal -+ 9 juta( pertamini )

Bisnis waralaba


Mungkin dari kamu ada yang punya impian punya usaha stasiun pengisian bahan bakar umum alias SPBU. Bukan sekadar jual bensin, tapi juga yang ada kafenya atau tempat cuci motor.

Nah, mengingat modal mendirikan SPBU itu gak sedikit, kamu bisa belajar dulu dengan Pom mini (Pertamini).

Franchise yang satu ini sebetulnya adalah kios bensin eceran. Bedanya dengan yang di jual di pinggir jalan, mereka punya booth beserta perangkat pengisian BBM layaknya di SPBU.

Buat modal Rp 9 juta kamu bakal dapat booth dengan spesifikasi:


– Ukuran 68x68x215 cm

– Kapasitas BBM 210 L (drum )

– Selang 3,5 meter

– Alat ukur 1 buah

– Listrik 30 Watt

Sedikit saran, dirikan kios BBM ini di wilayah yang jauh dari SPBU. Seperti wilayah pedesaan dan pedalaman dijamin laris manis.

Demikian pembahasan mengenai bisnis waralaba yang bisa Anda jalankan, semoga artikel diatas bermanfaat buat calon bisnis man. Salam sukses para pembisnis...

Terima kasih berkenan kunjung di halaman blog ini semoga berkenan pula membaca artikel yang lain.

0 Response to "6 Jenis Bisnis Waralaba, Mengenal Apa itu Bisnis Waralaba"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel