Iklan Tengah Artikel 1

9 Contoh Kerja Revolusi Industri di Era Pandemic


Masa pandemic yang sedang dihadapi sekarang memang benar - benar mengguncangkan dunia bisnis, apalagi bisnis retail  sperti  dagang di pasar, perkantoran pabrik, warung makan dan pedagang kaki lima. Benar - benar merasakan dampak penurunan pembeli karena larangan berkumpul dan aktifitas seperti biasa nya sudah sangat di batasi. Memang semua ini tujuannya untuk mencegah penularan virus covid - 19. Masyarakat dipaksa untuk merubah pola hidup serta merubah bisnis dari yang sebelumnya. Akan tetapi perlu Anda ketahui di era seperti ini kita dipaksa untuk mengenal revolusi industri dan untuk revolusi industri saat ini menuju revolusi industri 4.0 yang mana disini cara pola kerjanya jauh berbeda dengan sebelumnya.

Baca juga : Pola bisnis di era pandemic

Dibawah ini ada contoh bentuk revolusi industri  4.0 yang mungkin bisa Anda kerjakan. Internet of Things merupakan alat lunak yang bisa membantu kerja Anda.
9 contoh perubahan industri sebelumnya ke industri 4.0 yang bisa Anda pahami.

Revolusi Industri 4.0

1. Internet of Things (IoT)


IOT revolusi industri 4.0


Jadi Internet of things ( IoT )adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia. Salah satu contoh produknya adalah jarvis yang bisa mematikan lampu saat sudah pagi hari.

2. Argumented Reality

Argumented Reality (AR), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Ini yang mungkin akan mengejutkan banyak orang karena menggabungkan benda maya menjadi seperti nyata.

3. Big Data

Revolusi Industri 4.0

Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big data telah banyak di gunakan dalam bisnis dan dapat membantu menentukan arah bisnis. Misal, Jagoan hosting hanya akan mengirimkan email promo renewal untuk pelanggan yang memiliki jatuh tempo pembayaran.

4. Cyber Security

Cyber security adalah upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyberattack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi. Misal, Jagoan Hosting yang memberikan fitur SSL Certificate, Bit Ninja, Dan Firewall di setiap paket hosting untuk melindungi data pelanggan dari serangan hacker.

5. Addictive Manufacturing

Additive manufacturing merupakan terobosan baru di industri manufaktur yang sering dikenal menggunakan printer 3D.Dalam era digital saat ini, gambar desain digital yang telah dibuat dapat diwujudkan menjadi benda nyata dengan ukuran dan bentuk yang sama dengan desain sebenarnya atau dengan skala tertentu.

6. Artifical Intelegence

Revolusi Industri 4.0

Merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Dan bisa diatur sesuai keinginan manusia. Fungsi utamanya adalah kemampuannya untuk mempelajari data yang diterima secara berkesinambungan. Semakin banyak data yang diterima dan dianalisis, semakin baik pula Artifical Intelegence dalam membuat prediksi.

7. Simulation

Model mewakili sistem itu sendiri, sedangkan simulasi mewakili operasinya dari waktu ke waktu. Simulasi digunakan dalam banyak konteks, seperti simulasi teknologi untuk optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan, dan video game.

8. System Integeration

Sistem integrasi atau integrated system merupakan rangkaian yang menghubungkan beberapa sistem bagi secara fisik maupun fungsional. Sistem ini akan menggabungkan komponen sub sistem dalam satu sistem yang menjamin setiap fungsi dapat berfungsi sebagai kesatuan dari sebuah sistem. Sistem dalam dunia internet itu sangatlah penting dan sangat membantu hasil kerja.

9. Cloud Computing

Komputasi awan (Cloud Computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login) mengakses server virtual untuk bisa konfigurasi server melalui internet. Banyak Hoasting yang menyediakan server virtual agar bisa digunakan untuk membuat website online untuk diakses user di internet. Hoasting membuat website online memudahkan Anda melakukan pekerjaan Anda serta memaksimalkan hasil karya Anda.

9 sistem kerja di era revolusi industri 4.0 diatas merupakan hasil dari sebuah perkembangan kinerja industri sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat pembelajaran pengertian Revolusi Industri 4.0.

0 Response to "9 Contoh Kerja Revolusi Industri di Era Pandemic"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel