Iklan Tengah Artikel 1

Bisnis Waralaba, 8 Jenis Bisnis Waralaba yang Menjanjikan

 8 Jenis Bisnis Waralaba yang Menjanjikan 


Bisnis Waralaba memang di bilang bisnis yang menjanjikan apa saja sih jenis bisnis waralaba itu ? Adalah suatu pemberian sebuah lisensi oleh suatu produk ( perorangan maupun perusahaan ) sebagai pemberi franchise ( Disebut franchisor ) kepada pihak lain sebagai penerima franchise ( Disebut franchisee ) untuk berusaha menggunakan merek dagang atau nama dagangnya dengan menggunakan keseluruhan sistem bisnisnya.

Sistem pemberian ijin usaha dalam bentuk franchise sudah berkembang sangat pesat terutama bentuk usaha produk barang atau jasa melalui pemberian hak eksklusif kepada pengusaha lain untuk menjual produk yang dimilik oleh seseorang pengusaha di lokasi atau daerah tertentu.

Baca Juga :Calon Miliyader

8 Jenis Bisnis Waralaba yang Bisa Anda Kembangkan

1.  Bisnis Waralaba ( Franchise ) Air Isi Ulang Biru ( Blue Water )

bisnis waralaba
Kita tahu air adalah kebutuhan pokok buat kehidupan makhluk di dunia ini dan menurut para ahli manusia di anjurkan banyak minum air agar organ tubuh serta stamina tubuh terjaga, tujuannya adalah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktifitas sehari - hari untuk itulah banyak air kemasan beredar di pasaran baik di toko besar maupun warung kecil. Air minum isi ulang merupakan alternatif lebih murah di bandingkan harus membeli air kemasan botol premium.

Salah satu gerai yang membutuhkan jasa ini adalah Depo Isi Ulang Air Mineral Biru. Biru isi ulang ini sudah menggunakan teknologi yang canggih. Depo Air Isi Mineral Biru  menyediakan air isi ulang berkualitas prima untuk para pelanggannya. Gerai Depo Air Mineral Biru sendiri dapat berfungsi ganda yakni sebagai tempat di prosesnya air dan tempat penjualan. 

Bahan bakunya berasal dari air pegunungan yang di angkut menggunakan mobil tangki yang sudah di sterilkan sehingga kualitas kebersihan air sangat terjaga. 

Jika Anda tertarik untuk menjadi mitra bisnis Depo Isi Ulang Air Mineral Biru silahkan menghubungi Custamer Servis agar di data wilayah mana yang akan Anda buka, kebetulan Depo Isi Ulang Air Mineral Biru membuka kesempatan untuk mitra yang punya niat membuka bisnis Depo Isi Ulang Air Mineral.

2. Bisnis Waralaba ( Franchise Indomaret ) 

bisnis waralaba
Indomaret merupakan salah satu Mini Market yang sudah sangat terkenal dan tokonya sudah ada hampir seluruh negeri ini, hal ini terbilang wajar karena Indomaret menjual kebutuhan pokok sehari - hari. 

Untuk Franchise Indomaret sendiri Anda diminta menyiapkan dana investasi kurang lebih sebesar Rp 394 juta. Syarat lainnya yang harus di penuhi di antaranya adalah, Anda harus warga negara Indonesia, fokus ingin mengembangkan bisnis Indomaret, serta memiliki perijinan lokasi yang hendak di jadikan tempat usaha.

Dan kelebihan dari franchise ini promosinya yang berskala nasional serta memiliki brand yang cukup kuat di mata para pelanggan. Namun kekurangannya sendiri adalah terlalu banyak gerai yang di buka dengan jarak yang dekat sehingga kompetisi antar toko sulit di raih mencapai hasil maksimal.

3. Bisnis Waralaba ( Franchise Apotek k- 24 ) 

bisnis waralaba
Kita tahu banyak sekali masyarakat yang membutuhkan obat-obatan setiap harinya dan tidak semua masyarakat mendapatkan akses yang mudah untuk membeli obat-obatan.

Atas dasar kebutuhan tersebut dr. Gideon Hartono menjadikan Apotek K-24 miliknya menjadi sebuah franchise di tahun 2005. K-24 adalah kepanjangan dari Komplit 24 jam sehingga bukanya pun 24 jam siap melayani masyarakat di waktu jam berapa saja.

Kini, Apotek K-24 telah berhasil membuka 370 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke Timor Leste. Dalam satu toko, dr. Gideon menyarankan untuk mempekerjakan 9 karyawan yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari pusat. Jika Anda tertarik untuk menjadikan Apotek K-24 bisnis franchise Anda, modal yang perlu disiapkan pun cukup besar. Jika Anda berada di Pulau Jawa, gerai dengan luas tanah 60m2 dapat Anda miliki dengan modal sebesar Rp970 juta. Cukup besar, namun Anda sudah mendapatkan semua hal yang Anda butuhkan untuk beroperasi. Modal sebesar itu sudah termasuk biaya franchise fee, stok obat-obatan, renovasi bangunan, sewa bangunan selama 1 tahun, interior, modal kerja selama 3 bulan, sistem IT, perizinan operasional, pelatihan karyawan, dan beragam inventaris gerai seperti sepeda motor, AC, dan lain sebagainya.

4. Bisnis Waralaba ( Franchise KFC ) 

bisnis waralaba
Siapa yang tidak mengenal KFC? Salah satu restoran fast food penyedia fried chicken ini selalu memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia. Rasa ayamnya yang renyah dan lezat selalu berhasil membuat pelanggan kembali lagi dan lagi. Tak heran jika KFC menjadi salah satu comfort food bagi banyak masyarakat di Indonesia, bahkan jika mereka bepergian ke luar negeri. Sehingga, jika Anda berniat untuk memiliki franchise KFC, Anda tidak perlu takut untuk kehilangan pelanggan karena umumnya, gerai KFC selalu ramai dikunjungi pelanggan. KFC Indonesia sendiri sebetulnya tidak memberikan franchise, melainkan mereka akan menyebut Anda sebagai “mitra” jika ingin bekerja sama. 

Anda punya niat membuka bisnis KFC apa sih yang harus Anda siapkan, Pertama Anda harus memiliki ruko dengan minimal luas 300 m2 lokasi ini harus strategis berada di pinggir jalan raya agar memiliki potensi menarik pelanggan lebih banyak dan lahan diharuskan milik sendiri bukan hasil sewa atau pihak ketiga. Sementara modal untuk membuka gerai KFC bisa mencapai 9 miliar.


4. Bisnis Waralaba ( Franchise Sabana Fried Chicken  ) 

bisnis waralaba
Berbeda dengan KFC yang sebelumnya sudah disebutkan, Sabana Fried Chicken merupakan bisnis franchise lokal. Tentu Anda masih ingat beberapa waktu lalu Sabana cukup booming karena menghasilkan rasa ayam goreng renyah yang tak kalah lezat dengan saingannya yang datang dari luar negeri. Meski sekarang tampaknya Sabana sudah tidak lagi terdengar, ternyata di beberapa tempat di Jabodetabek, permintaan untuk membuka franchise dari gerai ini kuotanya cukup banyak. Bahkan, sebagai bukti kesuksesan, mereka telah membuka lebih dari 1.700 Outlet di seluruh Indonesia.


5. Bisnis Waralaba ( Franchise Khun Thai Tea  )

bisnis waralaba


Alasan kenapa Indonesia merupakan pasar yang potensial adalah karena teh sendiri merupakan minuman sehari-hari penduduk Indonesia. 
Untuk itu, dengan hadirnya cita rasa baru yang ditawarkan oleh Khun Thai Tea, masyarakat Indonesia memiliki alternatif lain untuk pilihan minuman teh. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2017, Khun Thai Tea menargetkan dapat membangun sekitar 50 outlet di Indonesia dan bekerja sama dengan para franchisee di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli franchise, Khun Thai Tea memiliki dua tipe, yakni franchise standar dan master franchise. Tentunya, kedua paket yang ditawarkan ini memiliki hak dagang yang berbeda, seperti fasilitas kios, counter, toko in-line, hingga keuntungan lainnya yang didapatkan. Jika Anda berminat membuka bisnis ini modal yang harus Anda siapkan kisaran 20 juta.

5. Bisnis Waralaba ( Franchise Laundry  )

bisnis waralaba
Makanya, jangan heran apabila banyak bermunculan bisnis laundry baru di berbagai kota yang tidak hanya mampu mencuci pakaian, tetapi juga hal lain seperti sepatu, sprei, jas, boneka, hingga helm.

The Clean Bar Laundry hadir pertama kali di kota Solo dan mengkhususkan diri untuk jasa membersihkan sepatu dan tas. Hal ini terbilang unik, karena orang dalam hal mencuci tas dan sepatu tentunya tidak sesering mencuci pakaian yang intensitasnya bisa harian. Namun, terbukti hingga kini The Clean Bar Laundry memiliki banyak pelanggan sehingga mereka mampu memperluas bisnisnya lewat franchise. Peluang bisnis laundry sekarang ini bisa dibilang sangat berkembang pesat. Hal ini didukung dengan kesibukan banyak orang sehingga mereka tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci pakaiannya.  Keadaan inilah yang membuat banyak orang peka melihat peluang bisnis, salah satunya dengan bisnis laundry. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli franchise ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Saat ini sendiri, gerai The Clean Bar Laundry sudah tersedia di berbagai kota dan kebanyakan tersedia di mal, seperti Citraland Semarang, Ambarukmo Plaza Yogyakarta, Jogja City Mall, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin menjalin kerja sama, Anda harus menginvestasikan dana sebesar Rp75 juta untuk paket pertama, sementara untuk paket kedua sebesar Rp80 juta. Masing-masing akan mendapatkan fasilitas berupa booth, pendampingan bisnis dan karyawan, TV LCD, serta perlengkapan bisnis yang lengkap. Menurut The Clean Bar Laundry sendiri, omzet yang didapatkan dalam sebulan dapat mencapai Rp30 juta. Dengan omzet sebesar itu, tentunya putaran balik modal akan berlangsung dalam waktu yang singkat.

6. Bisnis Waralaba ( Franchise  Bambu Spa  )

bisnis waralaba
Di era modern ini, para perempuan semakin menyadari bahwa mereka butuh untuk merawat dirinya sendiri karena kesibukannya setiap hari. Karena tidak memiliki waktu, pada akhirnya para perempuan ini lebih memilih untuk pergi ke salon. Atas dasar inilah Bambu Spa hadir untuk memanjakan perempuan. Bisnis franchise yang satu ini hadir dengan menawarkan sistem bisnis yang cukup unik. Jika Anda tertarik dengan bisnis perawatan dan kecantikan, Bambu Spa menawarkan konsep treatment dengan metode bamboo yang cukup unik. Bambu Spa juga memanfaatkan penggunaan bahan alami yang dipercaya dapat memancarkan kecantikan wajah secara alami. Bambu Spa hadir dengan berbagai perawatan yang bisa dipilih oleh para perempuan, misalnya face treatment, ear candle, special body massage, foot relaxation, pregnancy spa, vagina spa, dan masih banyak lainnya. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi mitra Bambu Spa, terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi, di antaranya adalah membuat proposal yang isi utamanya terdiri dari pemilihan lokasi, target pasar, komitmen, modal, dan lain sebagainya. Sebagai gambaran, untuk membeli franchise ini, Anda membutuhkan modal paling tidak sebesar Rp850 juta. Setelah disetujui, Bambu Spa akan meninjau lokasi yang Anda tentukan. Setelah pemilihan lokasi dan ditentukan setuju, selanjutnya Bambu Spa akan memberikan informasi mendetail seputar perjanjian kerja sama.

7. Bisnis Waralaba ( Franchise  pizza hut  )

bisnis waralaba
Pizza Hut adalah salah satu gerai pizza yang paling terkenal di Indonesia. Bisnis franchise ini memiliki sistem operasional bisnis tingkat tinggi. Dengan demikian, apabila Anda tertarik untuk menjadi mitranya, siapkanlah segala sesuatu dengan sangat terencana. Di samping membutuhkan biaya yang besar, Anda juga butuh menyiapkan segenap tim dan karyawan yang handal di bidang yang dibutuhkan. Anda pun harus mengunjungi situs resmi internasionalnya untuk membaca secara detail persyaratan yang dibutuhkan. Namun jika Anda dapat memenuhi semua persyaratan tersebut, Anda dapat memiliki kesempatan untuk meraih pelanggan dari para penggemar Pizza Hut di lokasi yang Anda tuju.

Kurang lebih ada tiga persyaratan inti yang harus Anda penuhi. Yang pertama adalah Pizza Hut akan meminta latar belakang Anda melalui Background Information, seperti pengalaman bisnis yang Anda miliki dan lain sebagainya. Kedua, adalah Operation Interview, yang gunanya untuk menganalisis tim Anda. Terakhir adalah Leadership Team Approval yang bertujuan untuk melihat seberapa jauh kesiapan leadership dari tim di bisnis Anda.

Anda akan mengunjungi salah satu gerai Pizza Hut selama setengah hari untuk terjun langsung melihat pengalaman bekerja di sana. Jika Anda berhasil melewati tahap itu semua, Anda bisa bergabung menjadi mitra Piza Hut.

8. Bisnis Waralaba ( Franchise  Kkuldak  )

bisnis waralaba


Kkuldak menyajikan camilan ringan berupa honey chicken yang memiliki cita rasa unik yang berbeda dari kuliner ayam yang lain. Ditambah topping lain berupa tteokbokki, makanan khas Korea yang dibuat dari tepung beras, membuat camilan ini semakin lezat untuk disantap.

Di Indonesia, pemegang hak franchise Kkuldak adalah Lydia Sani dari PT Hanabell Indomarga. Untuk mendapatkan izin bisnis franchise ini, Anda butuh modal yang cukup besar, yakni sebesar Rp350 juta untuk outlet semi counter dan Rp1 miliar jika ingin yang sudah dalam bentuk restoran. Namun jangan khawatir, Anda akan mendapatkan bahan serta bumbu yang didatangkan langsung dari Korea. Namun Anda coba hitung, rata-rata dalam sehari Anda bisa menjual hingga 200 cup dan diperkirakan omzet per harinya mencapai Rp7 juta.

Begitulah yang di maksud dengan bisnis waralaba barang kali Anda berminat mengembangkan bisnis yang mungkin sebelumnya sudah pernah Anda kelola.

0 Response to "Bisnis Waralaba, 8 Jenis Bisnis Waralaba yang Menjanjikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel