Iklan Tengah Artikel 1

Mengenal Perkembangan Ekonomi Kreatif

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting?

Pentingnya ekonomi kreatif
Terlepas dari namanya, ekonomi kreatif tidak terbatas pada bidang kreatif spesifik. Selama nilai diukur dalam istilah inovasi dan ide, konsep ini berlaku. Tetap saja, industri yang cenderung untuk memproduksi itu kebanyakan mencakup seni, desain, hiburan, media, dan kebudayaan.
Ekonomi kreatif merupakan kegiatan ekonomi yang berfokus pada informasi dan kreativitas dengan menitikberatakan faktor produksi sumber daya manusianya berdasarkan ide dan pengetahuan yang diciptakan. Menurut cetak biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional tahun 2008 ekonomi kreatif menjadi era baru setelah ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi yang telah berjalan sebelumnya.

Mengutip situs resmi Badan Ekonomi Kreatif, bahwa ekonomi kreatif adalah konsep yang memposisikan kreativitas dan pengetahuan menjadi sebuah aset utama dalam menggerakkan ekonomi.

Dampak dari kemajuan teknologi memberikan peluang bagi masyarakat khususnya mendorong generasi milenial yang rata-rata mampu menguasai teknologi untuk mengeksplorasi kreatifitas dan keterampilan mereka dalam menghasilkan sebuah karya. Ekonomi kreatif yang timbul karena adanya aspek kreatifitas tersebut menjadi peranan yang penting dalam menstimulasi perekonomian secara global.

Ada beberapa alasan mengapa ekonomi kreatif penting sekarang, bahkan untuk orang yang bukan seniman atau pelaku kreatif tradisional lainnya. Pertama-tama, teknologi web terkini membuatnya mungkin untuk orang-orang untuk secara cepat dan mudah meluncurkan dan mempromosikan ide, terlepas dari background dan pendapatan. Sebagai contoh, pelaksanaan bisnis seperti learn startup memperpendek siklus pengembangan bisnis, mengijinkan mereka untuk meluncurkan produk dan layanan secepat mungkin.

Event seperti Startup Weekend dan berbagai hackathon mendorong partisipan untuk mengirimkan produk minimal dalam hitungan hari atau jam, sembari juga membuat kondisi untuk pelaku kreatif berkolaborasi dengan yang lainnya selama periode singkat ini. Apakah Idemu adalah blog sederhana atau paket software online, menguji dan meluncurkan Idemu cenderung menjadi cara lebih cepat dan lebih efektif biaya saat ini dibandingkan jika terjadi sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu.

Berkembang Di Ekonomi Kreatif
Perkembangan ekonomi kreatif

Terlepas dari kumpulan skill yang kamu miliki, mungkin bagimu untuk berpartisipasi di dalam ekonomi kreatif. Ingat, bagaimana pun juga, bahwa berkompetisi di dalam ekonomi kreatif tidak untuk semua orang. Berikut ciri dan skill yang mungkin diperlukan untuk berkembang:

Kompetensi dan penguasaan di bidangmu. Karena nilai dan input seseorang di dalam ekonomi kreatif bergantung pada kekuatan ide mereka, untuk melakukannya dengan baik memerlukan kompetensi. Namun tidak cukup untuk mengetahui skill yang diperlukan bagimu untuk mulai menyebut diri sendiri sebagai seorang "programmer" atau "seniman" atau "startup founder"—kamu juga memerlukan visi dengan ide yang canggih dan berharga di dalam industrimu. Kamu dapat mencapai ini hanya melalui latihan sunguh-sungguh, pengalaman keras, dan dengan membentuk dan menguji ide pada perjalanannya.

Kemampuan entrepreneurial. Ide bagus dan kompetensi hanya sebatas itu. Tanpa kemampuan entrepreneurial yang cocok, akan sulit untuk membuat project bertahan dan menguntungkan. Kemampuan entrepreneurial bagaimana pun juga tidak hanya terbatas pada aspek finansial dari idemu. Penting juga bagi pelaku kreatif untuk mengerti marketing, sales, dan organisasi. Jika berkerja dengan sebuah tim, kemampuan manajemen juga akan bermanfaat.

Menjadi bagian dan komunitas yang kuat. Ada aspek sosial bagi ekonomi kreatif, apakah kamu mencari untuk meluncurkan projects sipil, berkolaborasi dengan lainnya, membangun sebuah audiens, atau hanya memiliki dukungan inspirasional dan dukungan kelompok kreatif. Dalam ketiadaan komunitas, temukan atau buat sendiri. Lagipula, di dalam sebuah ekonomi kreatif yang menghargai ide dan kreatifitas, akan sulit untuk membentuk peranmu di dalam pasaran tanpa keberadaan yang lainnya.
Dengan menjadi kompeten di dalam bidangmu, dengan memiliki beberapa kemampuan entrepreneurial, dan menjadi bagian dari sebuah komunitas, kamu meningkatkan peluangmu dalam berkembang melalui kreatifitas.

Investasi Di Dalam Kreatif Lainnya

Ini serupa dengan ide di atas, namun kamu memiliki lebih banyak kulit di dalam permainan dengan secara finansial menginvestasikan di dalam ide kreatif orang lainnya. Jika kamu khususnya mengerti dalam bisnis dan keuangan, kamu dapat menginvestasikan di dalam bisnis atau kreatif lainnya. Jenis peluang ini biasanya dilarang untuk hanya pada usaha kapitalis dengan banyak uang untuk diinvestasikan, namun dengan crowdfunding yang menjadi lebih umum, sekarang ada banyak pilihan untuk startup dimana investor awal memiliki hak sebagai gantinya.
Satu ketidakuntungan model ini adalah bahwa itu adalah permainan dan taruhan tinggi memerlukan pengetahuan yang mendalam dalam berinvestasi dan berbisnis. Itu bukan sebuah titik masuk ideal ke dalam ekonomi kreatif.
Pergerakan ekonomi kreatif tergantung bagaimana kita bersosialisasi dengan masyarakat. Pengenalan produk dan pendekatan kepada masyarakat merupakan cara terbaik.

0 Response to "Mengenal Perkembangan Ekonomi Kreatif "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel