Iklan Tengah Artikel 1

5 Cara Jitu Mengatasi Kegagalan Bisnis

5 Cara Jitu Mengatasi Kegagalan Bisnis 

Tipsmengatasikegagalan


Penulis// Purwanto

Terkadang membahas bisnis itu bosan karena apa? Karena bisnis yang dijalankan tidak berjalan dengan baik. Pasang surutnya bisnis yang sering bikin jenuh apalagi kalau sedang mengalami fase surut pasti sangat jenuh menjalankannya. Mengatasi hal tersebut Anda perlu refresing sambil mencari ide baru. Jika gagal dalam satu bisnis mungkin ingin mencari peluang bisnis lain, mencari bisnis lain itu memang salah satu jalan merubah suasana baru menghilangkan penat akan tetapi harus di perhitungkan dengan matang. Jangan mudah menyerah dan putus asa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. 

Cara Mengatasi Kegagalan Dalam Bisnis
5tips cara jitu mengatasi kegagalan dalam bisnis 


1. Mencari Sebab 


Segala sesuatu memiliki sebab dan akibat. Tidak ada yang terjadi tanpa adanya sebab sebelum dan akibat setelah sesuatu terjadi. Begitu juga dengan kegagalan dalam berwirausaha. Jadi, salah satu cara  mengatasi kegagalan dalam berbisnis adalah mencari sebab dari kegagalan yang anda alami. Dengan begitu anda akan tahu apakah sebenarnya yang sedang terjadi.

2. Berfikir Positif


Mungkin anda setuju jika semua yang terjadi sesuai dengan bagaimana anda memikirkan tentangnya. Untuk itulah berfikir positif adalah kunci yang pertama cara mengatasi kegagalan dalam berwirausaha ini. Karena jika anda berfikir negatif, biasanya yang akan ada dipikiran anda adalah sesuatu yang bersifat menyalahkan. Baik menyalahkan orang lain ataupun menyalahkan diri sendiri dan kondisi. Jika ini terus berlangsung, kemungkinan anda stress akan besar karena merasa segala yang terjadi adalah bencana.Tapi jika anda berfikir secara positif sejak awal, maka yang terjadi adalah anda akan santai dalam menghadapi setiap kegagalan yang anda alami. Dengan begitu pikiran anda akan santai dan rileks. Keadaan yang santai dan rileks akan menjadikan anda terbuka untuk mendapatkan hal-hal baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

3. Berani Mengakui Kesalahan 


Kegagalan adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Semuanya setuju dengan hal ini. Namun dengan mengakui kesalahan dan menerima kegagalan yang terjadi akan sedikit membuat anda tenang. Mengakui kesalahan dan menerima kegagalan adalah salah satu cara menerima diri bahwa anda adalah manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan dan juga Trial and Eror dalam berusaha. Dengan hal ini anda akan menjadi lebih rendah hati dalam menghadapi kegagalan yang sedang dialami.

4. Menelusuri Sebab Kegagalan


Segala sesuatu memiliki sebab dan akibat. Tidak ada yang terjadi tanpa adanya sebab sebelum dan akibat setelah sesuatu terjadi. Begitu juga dengan kegagalan dalam berwirausaha. Jadi, salah satu cara  mengatasi kegagalan dalam berwirausaha adalah mencari sebab dari kegagalan yang anda alami. Dengan begitu anda akan tahu apakah sebenarnya yang sedang terjadi. Secara umum ada dua sumber yang mengakibatkan kegagalan bisa terjadi. Sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal adalah sebab kegagalan yang terjadi karena adanya permasalahan didalam tubuh wirausaha anda sendiri. Bisa berupa manajemen keuangan yang buruk, promosi yang tidak berjalan, ataupun tenaga kerja yang tidak jujur dan tidak disiplin.
Sedangkan kegagalan yang bersumber dari eksternal adalah kegagalan yang berasal dari luar kendali anda. Seperti misalnya persaingan dari usaha tetangga anda yang menjadikan usaha anda sepi ataupun karena harga bahan baku yang semakin mahal, dan yang lainnya.
Agar lebih mudah dalam evaluasi, ada baiknya anda membuat list atau daftar apa saja sebab dari kegagalan anda berdasarkan skala prioritas sehingga anda akan mudah menyelesaikannya kelak.

5. Berani Mengatasi Masalah


Jika anda telah membuat list dari setiap sebab yang mengakibatkan kegagalan anda dalam berwirausaha, selanjutnya adalah mengatasi masalah-masalah tersebut. Ada dua hal yang harus anda perhatikan dalam membuat list ini. Pertama, buatlah berdasarkan skala prioritas. Sehingga nomer paling atas adalah permasalahan yang harus segera diselesaikan. Dan yang kedua, jangan menyelesaikan pikiran dengan pikiran yang penuh. Mengatasi masalah dan berani tanggung jawab memperbaikinya adalah kewajiban dalam bisnis. Jangankan dalam bisnis dalam dunia kerja pun pastinya yang namanya masalah pasti ada disitulah Anda dituntut wajib berani mengatasi.

0 Response to "5 Cara Jitu Mengatasi Kegagalan Bisnis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel